• Kontak Kami
  • Hotline : 082311121806
  • SMS : 082311121806
  • BBM : 5ED402E6

Kontak Kami

Selamat berbelanja, Shopper!

Senin - Jumat : 08.00 s/d 17.00 WIB, Sabtu : 08.00 - 15.30 WIB, Minggu & Hari Besar Tutup
Selamat datang di Butik Keisha...distributor dan agen baju muslim dari berbagai merk ternama Kami menjual baju muslim, mukena dan kerudung secara grosir dan eceran, Menerima reseller dan melayani penjualan secara dropship Untuk pemesanan silahkan hubungi CS kami melalui SMS/WA : 082311121806, PIN BB : 5ED402E6 Format Pemesanan : Tulis: Nama baju + Warna + Nama + Alamat lengkap + Hp Telah hadir aplikasi toko online Butik Keisha...Download aplikasinya di google play....Belanja mudah dan prkatis hanya di Butik Keisha....Happy Shopping!!
Beranda » Artikel Terbaru » Cara Merawat Kerudung atau Jilbab

Cara Merawat Kerudung atau Jilbab

Diposting pada 2 November 2017 oleh admin

Berpenampilan menarik dan cantik adalah hal yang sangat diperhatian oleh perempuan, tak terkecuali tentunya bagi  muslimah. Untuk terlihat cantik dan menarik busana menjadi salah satu hal yang penting. Bagi muslimah, pemilihan busana muslim dari segi model, warna dan bahan menjadi bagian menunjang penampilan mereka. Salah satunya adalah pemilihan kerudung/hijab.

Demi untuk meningkatkan penampilannya biasanya muslimah akan mengkoleksi hijab/kerudung dengan berbagai model, bahan dan warna untuk dipadu padankan dengan busana muslim yang dipakai dan acara yang yang akan di hadirinya. Namun tahukah anda, agar kerudung selalu dalam keadaan cantik dan menarik perlu adanya perawatan yang baik. Berikut ini adalah cara merawat kerudung atau jilbab agar kondisinya tetap terjaga agar selalu cantik dan menarik :

1. Proses mencuci

Beberapa kerudung biasanya terdapat petunjuk mengenai bahan dan perlakuan untuk mencucinya. Oleh karena itu disarankan kita melihat terlebih dahulu keterangan bahan yang biasanya terletak di balik kerudung. Disitu biasanya disebutkan keterangan bahan apakah terbuat dari bahan polyester, sutera, satin, katun, chiffon, polywool atau yang lainnya. Hal ini akan menentukan cara merawat kerudung atau jilbab atau perlakuan dalam mencucinya Apakah boleh menggunakan mesin cuci atau lebih disarankan menggunakan tangan. Untuk bahan polyester dibolehkan mencuci menggunakan mesin cuci. Tetapi bahan sutera harus dicuci menggunakan tangan saja. Kemudian apabila hendak menggunakan mesin cuci, yang perlu diperhatikan adalah karakteristik bahannya. Apabila kerudung terbuat dari bahan polywool seharusnya tidak dicampur dengan pakaian dengan bahan yang tebal seperti jins dan lainnya. Karena, sifat bahan ini seperti kaos yang bila tergosok akan berbulu.

Bahan juga akan menentukan jenis sabun/detergen yang digunakan. Jika kerudung/jilbab berbahan lembut contohnya bahan satin yang licin dan sutera sebaiknya gunakan shampo bayi. Bahan yang lain bisa menggunakan deterjen.

Baca juga : Kisah Inspiratif Artis Tanah Air yang Mengenakan Hijab

2. Proses mengeringkan dan menjemur

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengeringkan kerudung/jilbab yaitu, untuk kerudung dengan bahan yang lembut, lebih baik tidak diperas dan kerudung dengan bahan kaos sebaiknya tidak menggunakan mesin pengering. Ketika memeras kerudung, hindari memeras terlalu keras agar tidak merusak serat kerudung atau payet pada kerudung. Begitu pula untuk kerudung praktis dengan pet, sebaiknya tidak diperas agar bentuk pet tidak berubah.

Kerudung berbahan polyester, hendaknya jangan di jemur terlalu lama. Karena bahan ini lebih cepat kering. Sebaiknya kerudung jangan dijemur dengan cara digantung. Lebih baik dijemur dengan cara dilebarkan. Untuk kerudung berbahan sutera, sebaiknya tidak dijemur di bawah matahari secara langsung.

3. Proses meyetrika

Sebelumnya perhatikan terlebih dahulu petunjuk yang biasanya tertera di balik kerudung. Dalam petunjuk tersebut akan disebutkan karakteristik bahan yang akan menentukan perlakukan dalam menyetrika. Beberapa bahan tidak perlu untuk disetrika karena biasanya tidak lecek. Contoh bahan tersebut adalah polyester. Untuk bahan paris,viscose/katun,satin dan sutra gunakanlah suhu yang rendah atau untuk lebih amannya gunakanlah kain/kertas dan diletakan di atas bahan yang akan disetrika untuk melindungi kerudung agar tidak rusak. Untuk bahan berpayet dan kaos gunakanlah suhu sedang, jangan sampai kepanasan karena bahan kaos mudah melar dan tertarik. Yang perlu diperhatikan juga adalah apabila kerudung terdapat payet, bordir dan hiasan lainnya, sebaiknya lebih berhati-hati agar jangan kena setrika, karena biasanya akan merusak payet, border dan hiasan lainnya tersebut.

4. Meyimpan kerudung/jilbab

Untuk menjaga kerapihan setelah disetrika, kerudung lebih baik disimpan dengan cara digantung menggunakan hanger khusus atau di gulung. Kelompokkan kerudung menurut warna dan jenisnya agar mudah saat mencari dan memudahkan anda untuk menyesuaikan dengan padanan baju yang hendak digunakan.

Cara merawar kerudung atau jilbab

Cara menyimpab kerudung atau jilbab

Demikianlah cara merawat kerudung atau jilbab agar awet dan selalu rapih dan cantik. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Bagikan informasi tentang Cara Merawat Kerudung atau Jilbab kepada teman atau kerabat Anda.

Cara Merawat Kerudung atau Jilbab | Distributor Baju Muslimah

Belum ada komentar untuk Cara Merawat Kerudung atau Jilbab

Silahkan tulis komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Mungkin Anda tertarik produk berikut ini:

Hubungi Kami

SIDEBAR